Interface Jaringan-Workstation

Network Interface Card (NIC) menyediakan hubungan fisik antara jaringan dan komputer workstation. Fungsi utamanya adalah mengirim data ke jaringan dan menerima data yang dikirim ke terminal kerja. Selain itu NIC juga mengkontrol data flow antara sistem komputer dengan sistem kabel yang terpasang dan menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer. Meskipun NIC diproduksi oleh beberapa manufaktur, namun semuanya dapat digunakan untuk berhubungan dengan lainnya dalam sistem jaringan yang umum digunakan (Netware, Windows NT dan sebagainya). Masalah kompatibilitas yang lebih penting adalah jenis bus workstation, dimana kartu jaringan itu diinstalasi. Misalnya, anda tidak dapat menggunakan kartu jaringan 32 bit dalam bus 16 bit. Namun sebagian besar kartu jaringan 16 bit dapat bekerja secara akurat meskipun lambat dalam bus 32 bit. Kartu jaringan juga dirancang untuk arsitektur bus tertentu, banyak kartu jaringan ISA yang masuk ke dalam slot EISA tetapi jenis kartu jaringan yang lain hanya dapat masuk ke slot tertentu dengan rancangan bus yang tertentu pula.

Network card atau NIC juga bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan, jika menggunakan kabel UTP maka diperlukan network card dengan interface UTP, begitu pula jika menggunakan kabel BNC maka network card yang digunakan adalah network card dengan interface BNC. Namun di pasaran tersedia pula network card dengan interface UTP atau BNC sekaligus atau seringkali disebut network card Combo. Network card menyediakan sejumlah pilihan konfigurasi yang menjamin kemampuan card untuk bisa digunakan bersama piranti yang lain dalam komputer yang sama dan memberi respon yang benar terhadap sistem operasi. Apabila anda menggunakan jaringan berbasis PC, maka hal yang perlu diperhatikan dari NIC adalah settingnya agar tidak terjadi konflik dengan piranti yang lain.

Mengapa tidak menggunakan setting default saja? Dalam banyak hal setting default ini akan memberikan hasil memuaskan, karena pihak pembuat telah memberikan setting awal sesuai dengan konfigurasi standar. Dua variabel yang panting dalam sebuah NIC adalah alamat port dan interrupt-nya:

– Alamat port berfungsi untuk mengarahkan data yang masuk dan keluar dari terminal kerja tersebut. NIC harus dikonfigurasi untuk mengenali apabila data dikirim ke alamat tersebut.

– Interrupt merupakan switch elektronik lokal yang dipergunakan oleh sistem operasi untuk mengontrol aliran data. Interrupt juga digunakan oleh komputer untuk menghentikan aliran data untuk sementara waktu dan memungkinkan data lain melewati sistem. Interrupt mencegah aliran data yang berbeda agar tidak dapat menggunakan sirkuit fisik yang sama dan dalam waktu yang bersamaan pula.

Selain dua variabel di atas NIC juga mempunyai kode tersendiri yang unik yang artinya cuma ada satu yang terdiri dari 12 digit kode yang sering disebut MAC (Media Access Control). Kebanyakan NIC terpasang secara internal, dimana card dipasang ke dalam sebuah expansion slot dalam komputer. Komputer laptop saat ini dapat dibeli beserta NIC yang terpasang built-in atau dengan network card yang dipasang pada sebuah slot PCMCIA. NIC merupakan faktor utama dalam menetapkan kecepatan dan unjuk kerja sebuah jaringan. Merupakan ide yang baik untuk menggunakan card jaringan tercepat yang tersedia untuk jenis workstation yang anda gunakan. Tiga network interface connection yang umum dipakai adalah: Ethernet Cards, LocalTalk Connector, dan Token Ring Cards. Menurut sebuah study International Data Corporation, Ethernet merupakan yang paling populer, diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk (San’Angelo, R. (1995). NetWare Unleashed, Indianapolis, IN: Sams Publishing).

Ethernet Cards

Ethernet biasanya dibeli terpisah dari komputer, walaupun banyak komputer (misalnya Macintosh) saat ini memiliki Ethernet card yang sudah langsung terpasang. Ethernet card memiliki konektor kabel coaxial atau kabel twisted pair atau keduanya (lihat gambar). Jika Ethernet card dirancang unutk kabel coaxial, konektornya adalah BNC. Jika ia dirancang untuk Twisted Pair, ia harus memiliki konektor RJ-45. Beberapa ethernet juga terdiri dari sebuah konektor AUI. Ini digunakan untuk konektor kabel coaxial, twisted pair, atau fiber optik. Jika metode ini digunakan, harus ada sebuah transceiver external yang terpasang pada workstation.

Ethernet Card

Ethernet Card

Ethernet Card

Ethernet Card

LocalTalk Connectors

LocalTalk adalah solusi built-in Apple untuk networking komputer Macintosh. Connector ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan sebuah kabel yang terpasang pada port printer Macintosh. Kekurangan utama LocalTalk adalah lebih lambat dibanding dengan Ethernet. Kebanyakan koneksi Ethernet beroperasi pada 10 Mbps (Megabits per second), sedangkan LocalTalk beroperasi pada hanya 230 Kbps (atau 0,23 Mbps)

 

 Ethernet Card vs. Local Talk Connection

Ethernet Card vs. Local Talk Connection

Token Ring Card

Token Ring Cards mirip dengan Ethernet Cards. Salah satu perbedaaan yang tampak adalah jenis konektor pada bagian belakang card. Token Ring Card umumnya memiliki konektor 9 pin.

 

Token Ring Card

Token Ring Card

 

%d bloggers like this: