Sekilas Tentang Blog

Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu hal yang berhubungan dengan istilah komputer.  Sebenarnya istilah Teknologi Informasi (TI) atau Information Technology (IT) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia Sistem Informasi (SI) atau Information System (IS). Istilah TI memang lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem informasi itu sendiri. TI memang secara lebih mudah dipahami secara umum sebagai pengolahan informasi yang berbasis teknologi komputer yang saat ini teknologinya terus berkembang sehubungan perkembangan teknologi lain yang dapat dikoneksikan dengan komputer itu sendiri.

Ada banyak definisi dari Information Technology diantaranya yang dikutip dari “Information Technology Training Package ICA99” diterbitkan oleh Australian National Training Authority (ANTA)

“The Information Technology Industry is defined as technology development and application of computers and communications-based technologies for processing, presenting and managing data and information. This includes computer hardware and component manufacturing; computer software development and various computer related services; together with communications equipment, component manufacturing and services.”

Sesuai dengan definisi TI tersebut, maka blog ini memuat artikel-artikel yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (TI) atau segala tulisan yang berkaitan dengan sistem dan teknologi pengolahan data. Teknologi Informasi juga berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak dan berbagai hal yang berkaitan dengan layanan yang dapat dilakukan oleh komputer. Sehingga si empunya blog  juga memuat artikel tentang Artificial Intelligence (AI), karena AI merupakan cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan kecerdasan buatan. Hasil dari pembelajaran tentang AI dapat menghasilkan sistem cerdas seperti robotika yang dapat membantu dan mempermudah manusia dalam menyelesaikan tugasnya.

Karena si empunya blog  juga hobi membaca tulisan atau artikel tentang kesehatan, maka  dibuat satu kategori tentang KESEHATAN. Dengan demikian diharapkan jika pembaca atau pengunjung merasa  jenuh dengan membaca tulisan tentang TI, dapat juga memperoleh informasi tentang kesehatan. Diharapkan semua kita dapat menjalani hidup sehat, bukankan begitu ?🙂

Tidak ketinggalan pula blog juga akan memuat hal-hal yang berkaitan dengan telekomunikasi karena dewasa ini teknologi informasi dan telekomunikasi dapat berkolaborasi untuk melakukan sesuatu dalam membantu manusia untuk melakukan suatu tugas dan pekerjaan tertentu. Misalnya komunikasi dalam dunia maya atau Internet juga kemajuan fasilitas fitur HP. Saat ini kita dengan mudah dapat memperoleh akses komunikasi berbasis teknologi informasi mutakhir. Dibanding generasi terdahulu, masyarakat era tahun 2000-an ini benar-benar telah menikmati kemajuan zaman digital yang begitu pesat perkembangannya.

Perkembangan fasilitas fitur HP (handphone) hampir setiap pekan berubah. Hal ini didorong oleh tuntutan pasar dan kebutuhan konsumen. Dewasa ini HP bukan lagi kebutuhan skunder, tetapi sudah merupakan kebutuhan sehari-hari khususnya bagi masyarakat perkotaan. Sejalan dengan itu provider pun turut berkompetisi dengan meningkatkan keunggulan guna meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Caranya dengan menjual layanan semurah-murahnya namun berisi fasilitas sebanyak-banyaknya. Tak dipungkiri lagi, akhirnya konsumen pun turut diuntungkan, karena persaingan harga pulsa juga begitu kompetitif. Hal tersebut dibarengi dengan regulasi pemerintah yang tetap memberikan keberpihakannya kepada masyarakat dengan menghalau adanya monopoli di bidang layanan jasa komunikasi.

Kehadiran HP dan provider yang handal kini mampu mengubah sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi realistis terjadi. Perbedaan jarak dan waktu sekarang bukan lagi penghalang, karena rentang jarak maupun waktu kini bisa disingkat via layanan multimedia dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Informasi cepat yang pada awalnya hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu, sekarang telah menjamah segenap lapisan masyarakat. Mulai dari konglomerat hingga para pekerja berat hampir semuanya telah memfasilitasi diri dengan HP. Handphone yang dulunya mengunggulkan fitur pesan teks via SMS, kini telah jauh melangkah dengan fasilitas-fasilitas lainnya. Berkat dukungan provider yang selalu mengikuti perkembangan dan keinginan konsumen kini bahkan sudah meninggalkan layanan MMS menjadi layanan 3G yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses internet dengan bermacam keunggulannya.

Layanan email, chating, browsing, hingga internet banking semuanya kini bisa berada digenggaman. Tak heran bila ada yang mengatakan bahwa dunia benar-benar bisa berada di genggaman tangan, karena fasilitas handphone dan provider pendukungnya telah begitu sempurna.

 

%d bloggers like this: